Thursday, January 10, 2013

Mengharap Honda Tiger 250 cc

Mengharap Honda Tiger 250 cc

CB300R#1

Bro sekalian, entah mengapa menjelang rilis Verza 150, NC12A2F, dan Scoopy FI berkumandang kembali  rumor Honda Tiger 250 . . . Yap Sebuah pengharapan yang memang semenjak dahulu mengawang awang disetiap penggemar motor 200-an cc Honda ini. Betapa tidak, setelah Rilisnya New megapro yang sudah monoshok, speedometer digital . . .kita awalnya menyangka project setelah itu adalah Honda . .  akan tetapi harapan itu menjadi mentah kembali karena ternyata Honda lebih konsern dulu menggarap segmen Mid-sport . . . brojolLah CB150R SF dan kemungkinan calon selanjutnya Verza 150

K18_verza_150

Baik CB150R dan Verza 150 cukup memanjakan konsumen dengan sentuhan sentuhan ide fantastis dan teknologi . . .bayangkan saja Honda tidak sungkan sungkan untuk me-lokalkan mesin bengis nya CBR150R untuk  dibenamkan di CB150R, sasis baru, spedometer digital, prolink rear suspension. Verza 150 sendiri walau sepertinya di posisikan sebagai sport entry level tidak juga tanggung tanggung dihadirkan . . . teknologi FI dan speedometer digital yang di awalnya tentu cukup membuat pesimis . . .mana mungkin motor sport Honda 16 jutaan dipakein speedometer digital ? . . . so walaupun memang nggak terlalu mengemuka, perasaan para penggemar Motor sport 200-an cc honda ( para tigeris ) tentu teriris . . . pediih karena tunggangannya hanya diberi sentuhan peslip peslip doangan yang nggak terlalu signifikan . .  edan nggak dari taun 1994 itu mesin kaizen 200 cc nggak pernah ganti coba ? hampir 20 tahun wira wiri brooo

Ktika rumor ini mengemuka banyak sinyalemen mengenai bagaimana mesin yang akan dipakai pada next Tiger 250 cc . . . somesays bahwa basisnya akan menuruti CB300R, di satu sisi ada opinii bahwa Mesinnya akan menggunakan mesin CBR250R yang sekarang . . . yappp keduanya masuk akal menurut tmcblog.

Bila memang mau mengambil basik CB300R nya brazil maka apakah semuanya akan diambil pleq tanpa penyesuaian ? tmcblog pikir tidak . . . paling tidak Sektor mesin yang akan ditampilkan mesin berkubikasi lebih kecil yakni 250 cc . . . yaaa, mesinnya tetep DOHC namun 1 silinder 250 cc . . . ya mesin CBX250 twister. Kalo memang basis sasis yang digunakan adalah sasis CB300R maka mesin 250 cc nya twister 250 ini lebih cocok dan lebih plug and play dibanding mesin 250 cc liquid coolednya CBR250R, cmiiw

:roll:  CBX250 , ingat mesinnya aja lho yang diambil, bodynya CB300 deeh

Spek Mesin CBX250 adalah bore x stroke adalah 75 x 56,5 mm sedangkan mesin CBR250R memiliki spek ukuran piston 76 x 55 . . . boleh dibilang mirip dengan spek bore lebih tinggi dari stroke  . . . sama sama motor dengan nafas yang panjang untuk ukuran mesin satu silinder . . . cuma emang mesin liquid cooled bisa digeber kompresinya sampai tinggi untuk meningkatkan performance karena pendinginan lebih mumpuni . . . mantab buat turing. Spek mesin Motor motor honda ini beda karakter dengan mesin vixion yang hampir square, cmiiw

Bila mau ambil basis mesin 250 cc nya CBR 250R tentu tetap memungkankan ditengah rumor mau berubahnya platform mesin CBR250R series menjadi multi silinder (paling tidak 2 silinder) . Melihat begitu mudahnya AHM menelurkan CB150R yang bermesin Mirip CBR150R, sepertinya memang mudah untuk mengulanginya kembali di segmen 250 cc ;) . . . akan tetapi jika CB150R tmcblog sudah semenjak dua tahun belakangan mendengar bahwa mesin cetakan Mold  crank case mesin CBR150R (cua waktu itu belom ngeh kalo ternyata mau dibenamkan di CB150R )  . . . megenai cetakan mold crank case mesin ala CBR250R belum kedengeran nih :)

So bakalan pake mesin apa sang the Next Tiger 250? mudah mudahan sebuah kejutan . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg


Filed under: Honda Tagged: 250, ahm, CB150R, cb300r, CBR250R, CBX250, Honda, tiger, Verza 150

No comments:

Post a Comment

Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?